Pengertian Frekuensi dalam Komputer


Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya frekuensi, bahkan frekuensi ini bukan hanya pada pelajaran produktif yang kita pelajari namun frekuensi juga sudah banyak disinggung pada mata pelajaran adaptif misalnya pada pelajaran Matematika dan Fisika, yang sebagian orang katakan kedua pelajaran tersebut sangat sulit. Frekuensi adalah banyaknya siklus yang terjadi dalam satu detik. Jika karakter memiliki satuan Byte maka Satuan dari frekuensi ini ialah hertz.
Misalkan saya memiliki kalimat “ pletter hardisk itu berputar 120 kali setiap detik ”, dalam kalimat tersebut dapat ketahui bahwa frekuensi dari pletter hardisk tersebut adalah 120 hertz, hal ini dikarenakan dalam kegiatan perputaran tersebut merupakan siklus yang terjadi dan pletter hardisk tersebut berputar 120 kali perdetiknya yang merupakan frekuensinya.
Didalam frekuensi, juga memiliki beberapa tingkatan yang menunjukkan frekuensinya pada setiap detik. Berikut ini data dari frekuensi dari yang kecil ke yang besar : 
No
Kalimat asli
Singkatan
perhitungan ( Hertz )
Hasil ( frekuensi )
1
1 Hertz
1 Hz
1 x 1
1 Hertz
2
1 Kilo Hertz
1 KHz
1 x 1000
1000 Hertz
3
1 Mega Hertz
1 MHz
1 x 1000  x 1000
1.000.000 Hertz
4
1 Giga Hertz
1 GHz
1 x 1000  x 1000 x 1000
1.000.000.000 Hertz
5
1 Tera Hertz
1 THz
1 x 1000  x 1000 x 1000 x 1000
1.000.000.000.000 Hertz

Dari hasil diatas bisa diambil kesimpulan jika pada sebuah prosesor ( dalam komputer ) tertera 2,8 GHz maka dapat disimpulkan bahwa dalam prosesor tersebut terjadi 2.800.000.000 siklus yang terjadi.
          
     Kata frekuensi ini dapat disamakan juga dengan istilah clock speed / clock rate yang berarti kecepatan transfer nilai dari register mikroporsesor ke yang lainnya. Istilah clock speed / frekuensi sangat berpengaruh pada proses yang terjadi pada prosesor, karena kecepatan transfer data tersebut mempengaruhi kecepatan processor. Siklus yang terjadi bukan hanya berupa data, namun juga berbentuk aliran listrik pada prosesor. Itulah sebabnya mengapa prosesor cepat panas dibandingkan komponen PC ( Personal Computer ) yang lainnya. Bayangkan seandainya prosesor tidak memiliki heatsink fan sebagai pendinginnya, pasti prosesor akan sangat cepat panas / bahkan bisa rusak dalam jangka waktu kurang dari 5 menit.
      Untuk melihat clock speed / frekuensi pada prosesor dapat dilihat melalui beberapa cara, yaitu :
     Melalui BIOS ( Basic Input Output System ), dalam BIOS biasanya disediakan tempat untuk melihat frekuensi prosesor yang kita cek freskuensinya. Sebagai contoh kita memakai BIOS tipe AMI BIOS

     Melaui software AIDA64, Sisoftware Sandra, cpu z, dll. Berikut ini contoh pengecekan frekuensi lewat software AIDA64

        Melalui IHS pada prosesor

dari beberapa cara diatas pastinya kita akan mengetahui berapa frekuensi dari komputer kita, tergantung dari kita menyukai cara yang mana. Kecepatan Clock Speed pada berbagai jenis prosesor sangat berbeda-beda, contohnya dari tabel Clock Speed pada prosesor INTEL dan AMD pada berikut 

Comments

Popular Posts